19.04
1
Mekatronika adalah suatu disiplin ilmu teknik yang mengkombinasikan sinergi dari teknik mesin, elektronika, teknik komputer yang seluruhnya diintegrasikan untuk melakukan perancangan produk. Keterkaitan disiplin ilmu yang terlibat dalam mekatronika tersebut diatas adalah teknik mesin dengan teknik elektro menghasilkan elektro mekanik, teknik mesin dengan teknik komputer menghasilkan software mesin dan teknik elektro dengan teknik komputer menghasilkan software elektro. Semua produk-produk modern saat ini yang ada dipasaran dibuat dengan latar belakang dari disiplin ilmu tersebut diatas. Dalam upaya untuk menunjang kebutuhan disiplin ilmu tersebut, maka SMKN 8 MALANG  menyelenggarakan program pendidikan jurusan Mekatronika.
Mekatronika adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang ilmu yang jarang ada di Indonesia. Di kota malang sendiri hanya ada 1 sekolah yang memiliki jurusan mekatronika tepatnya berada di SMK Negeri 8 malang .

Keunggulan yang di tawarkan oleh jurusan ini adalah mempelajari 3 hal sekaligus, yaitu mekanik, elektronik, dan informatika. Jurusan unggulan ini sangat di butuhkan oleh Industri masa kini. Itu terbukti karena sudah banyak perusahaan yang mengajak jurusan mekatronika SMKN 8 malang untuk bekerja sama dalam bidang penempatan praktek kerja dan perekrutan kerja.

Mekatronika ini sendiri adalah bidang yang membutuhkan pembelajaran yang cukup lama. Di SMKN 8 Malang kita mempelajarinya selama 3 tahun. Kalau kita ingin mengembangkan lagi kemampuan kita, kita bisa mempelajarinya lagi sampai tingkat S1 mekatronika di VEDC malang. Dengan ini kita bisa mencari pekerjaan yang layak dengan lebih mudah.

Kehidupan di jaman sekarang memang menuntut kita untuk terus berfikir kritis agar bisa memiliki masa depan yang cerah untuk kita semua. Dengan modal keingintahuan yang kita miliki kita dapat mengembangkan ilmu yang kita pelajari. Jangan takut mempelajari hal-hal baru, karena itu akan menambah pengalaman kita.

Semoga yang kami sampaikan dalam posting ini dapat membuat anda yakin bahwa kita harus memperbaiki masa depan kita dengan masuk jurusan ini.

1 komentar:

  1. selamat siang pak/ibu.saya ingin bertanya tentang kurikulum,silabus dan rpp jurusan mekatronika krn kami baru buka jurusan mekatronika di sekolah kami SMK N 1 KUTALIMBARU,KAB. DELI SERDANG, SUMUT.jika memang ada dan butuh kompensasi untuk mengirimkannya kami mhn di konfirmasi ke email kami : irmasuryani2809@gmail.com.
    terimakasih banyak Pak/Ibu.

    BalasHapus