05.25
0
Pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan suatu bangsayang maju. Prestasi peserta didik dapat dipengaruhi faktor eksternal dan faktorinternal. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorangsedangkan faktor internal merupakan faktor yang terdiri dari diri orang itu sendiri.Salah satu contoh dari faktor internal adalah karakteristik cara belajar ataulearning characters.  Karakteristik cara belajar peserta didik kurang mendapatkan perhatiankhusus dari pihak sekolah maupun pemerintahan. Belum ada sekolah yangmengelompokkan peserta didik berdasarkan karakteristik cara belajar mereka.
Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada saat praktik pengalamanlapangan (PPL), SMKN 8 Malang merupakan salah satu sekolah yangmengelompokkan peserta didik mereka berdasarkan prestasi belajar dan bukanberdasarkan karakteristik cara belajar yang dimiliki oleh peserta didik.Pengelompokan peserta didik berdasarkan karakteristik cara belajar sangatpenting diterapkan karena dapat mempermudah peserta didik memahami materiyang diberikan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prestasibelajar peserta didik yang dikelompokkan dan diberi perlakuan berdasarkankarakteristik cara belajarnya pada mata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8Malang dan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antarakarakteristik cara belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik padamata pelajaran KKPI kelas X TKJ di SMKN 8 Malang setelah mendapatkanperlakuan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis QuasiExperimental Design, yaitu untuk menyelidiki adanya kemungkinan hubungansebab akibat dengan cara memberikan perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalahdengan mengelompokkan dan memberikan proses pembelajaran yang sesuaidengan karakteristik cara belajar yang dimiliki peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis, diketahui terdapat hubungan yang signifikanantara karakteristik cara belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik.Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh berdasarkan uji-tberpasangan, taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 yang kurang dari alfa(0,05) sehingga H1 diterima.

0 komentar:

Posting Komentar